Selasa, 27 November 2012

I am???



          “Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS.At-Tin : 4)

Dalam lembar awal ini kami akan membahas tentang siapa kita???? Kita adalah makhluk salah satu makhluk yang di ciptakan Allah SWT. Mulai dari tumbuhan, hewan, manusia, malaikat, iblis. Dan diantara semua itu manusia adalah makhluk yang di ciptakan paling sempurna dibanding makhluk malkhuk yang lain apa buktinya??? Bukti bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna adalah tentang turunnya 5 hidayah Allah yaitu:

1.     Panca indra.
          Panca indra berasal dari 2 kata panca yang berarti lima, dan indra yang berarti perasa. Jadi panca indra dapat kita artikan 5 perasa yang dimiliki manusia seperti hidung untuk merasakan bau, lidah untuk merasakan rasa, telinga untuk merasakan suara, kulit untuk merasakan kasar halus, mata untuk merasakan kenampakan.

2.     Insting
Insting adalah sifat pembawaan manusia yang tak perlu di latih, di berika pengajaran, pendidikan. bisa juga kita sebut dengan naluri. Seperti ngantuk, haus, cinta, lapar dll

3.     Akal
Akal adalah alat berpikir, dan kekuatan untuk daya cipta, rasa, dan karsa.

a.     Cipta adalah rasa untuk senantiasa menciptakan, atau membuat sesuatu.
b.     Rasa adalah perasaan manusia, seperti sedih, senang, marah, galau dll
c.     Karsa adalah keinginan, rasa ingin yang dimiliki manusia, ingin makan, ingin minum, ingin tidur, ingin kaya. Dll

Namun perlu dimengerti bahwa akal ini tidak mempertimbangkanbaik, atau buruknya. Yang dia tau hanyalah cocok dan tidak cocok saja, contoh, andi haus, kemudian dia lihat di toko tetangganya ada air mieral, tanpa piker panjang andi langsung meminum air itu tanpa beli. Cerita di atas menurut logika akal menyatakan BENAR tapi kalu akal ini di kedepankan, maka akan kacau dunia. Maka dari itu turunlah hidayah yang ke 4 yang mengatur akal tadi

4.     Agama
Agama adalah segenap kepercayaan (kepada tuhan) dan menuntun pada kebaikan dan memberikan arahan tata cara yang baik bagi pengikutnya. Jadi agama inilah yang akan mendampingi akal agar selaras dan menuju kepada kebaikan.

5.     Imam
Imam adalah pemimpin umat, yang memberikan tauladan, contoh yang baik yang dapat dianut. Dalam hal ini imam kita adalah Rosulallah SAW.
Contoh. Ketika kita ingin sholat, kita di suruh menikuti nabi, kita mau nikah, bingung gaktau tata caranya, kita diperintahkan mengikuti cara yang di ajarkan oleh nabi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar